Kami adalah Yayasan Mandiri

Berangkat berjuang menggelorakan semangat cinta kasih mengabdi melayani perlu nama pemersatu kerukunan maka dipilih kata WALSAMA terilhami hasil renungan sadar bahwa keberadaan manusia beraWAL- dari setetes air hina satu orang tua Nabi Adam AS dan tentu akan kembali -SAMA pasti mati menyatu dengan tanah.

Maka seharusnya tidak bersifat angkuh, sombong dan egois apalagi seluruh waktu hidupnya untuk mencapai ambisi pribadi, menumpuk kekayaan dengan dalih demi masa depan sebatas di dunia lupa bekal hidup di akhirat. Tidak memperdulikan teman tetangga masyarakat sekitar hidup susah menderita bergelimpangan dalam lilitan kemiskinan dan keterbelakangan.

Dalam mengimplementasikan WALSAMA sebagai lembaga nirlaba tidak berafiliasi politik praktis tidak membedakan ras, suku, bangsa, agama dan bukan mencari untung berusaha kerja ibadah bagi kemaslahatan seluruh mahluk di muka bumi ini.

Kelahiran semula WALSAMA pada tahun 1997 di Lembang Bandung Jawa Barat namun mulai berdiri berjalan di Surabaya  tanggal 29 Januari 1999 sekaligus menjadi kantor Pusat dimotori oleh Amirul Mu’minin seorang guru dan aktifis pekerja sosial / LSM sejak tahun 1983 dan mendapat dukungan oleh keluarga kerabat sejumlah profesional muda kalangan akademisi, pratisi hukum, tokoh agama, LPSM berlatar belakang berbagai disiplin ilmu siap setia saling melayani.

WALSAMA menyadari bahwa kerja menangani penyandang masalah sosial rasanya tak penah bisa diselesaikan mulai dari yatim sampai lanjut usia. Oleh karena WALSAMA senantiasa membuka diri menanti partisipasi donasi atau tenaga fikiran yang terpanggil turut serta membangun masyarakat adil sejahtera berakhlak al karimah.

Visi

Menjadikan WALSAMA sebagai lembaga nirlaba dan organisasi sosial amil, amal jariyah, zakat, infaq, sedekah dan hibah wakaf terpercaya mandiri dalam memberikan pelayanan terhadap ummat.

Misi

  1. Menumbuhkan akhlak mulia menghargai saling toleransi sesama mahluk dengan memiliki jiwa kasih kemanusiaan yang tinggi.
  2. Menghimpun dana amal mengurangi sifat bakhil, tamak, serakah tahta harta dan menemukan ketenangan hidup memperoleh penghasilan halal serta barokah.
  3. Mewujudkan peningkatan kemajuan mustahik (penerima amal zakat infafak sedekah) lebih sejahtera tentram lahir batin.
  4. Meningkatkan upaya – upaya yang mengarah pemeliharaan pelestarian alam sekitar sebagai pengatur penyeimbang dimuka bumi.
  5. Merekrut dan mengembangkan tenaga amil profesional dalam suasana kerja yang sehat.

Tujuan

  1. Menumbuh – kembangkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan sosial sekitar, tanggung jawab bersama hak dan kewajiban sebagai mahluk Allah.
  2. Memberi perhatian kesejahteraan bagi para guru swasta, Tgk, Ust, pekerja sosial, guru ngaji, takmir masjid / tempat ibadah, pegiat peduli yatim agar lebih istikomah menjadi pelayan agama Allah.
  3. Memfasilitasi komunikasi antar organisasi sosial, panti asuhan, panti wredha, panti cacat, pesantren, LSM dan unit – unit usaha kesejahteraan sosial dengan berbagai lembaga mitra luar dan dalam negeri termasuk instansi pemerintah.
  4. Mengembangkan keswadayaan masyarakat dan mengantarkan menuju kemandirian bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.
  1. WALJASAMA (Wahana Layanan Kerja sama Kemitraan) telah berjalan ahli
  2. WALAZIS (Wahana Amal Zakat Infaq Sedekah) sedang mulai berkembang
  3. WALBALKI (Wahana Amal Barang Layak Pakai) telah mulai berjalan
  4. WALAQIQOH (Wahana Layanan Aqiqoh) telah mulai berjalan
  5. WALUMROH (Wahana Layanan Umroh & Haji) sedang dirintis
  1. WALYATAMA
  2. WALMASAKIN
  3. WALAFIYAT
  4. WALKUTUB
  5. WALFUKOROK
  6. WALBENA
  1. Bersedia menjadi donatur tetap rutin tiap bulan Pekerja Sosial Marketing AZIS siap menjemput di tempat dan bisa transfer via Bank atau memberi bantuan insidentil menyerahkan Amal Zakat Infak Sedekah (AZIS) pada WALSAMA.
  2. Menyerahkan berbagai bentuk dukungan partisipasi bantuan pilihan sebagaimana pada KATALOG AMAL.
  3. Memberikan sebagian saham atau deviden perusahaan untuk dana abadi WALSAMA dan kerja sama kegiatan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR).

“Bersama kekasih para Nabi, WALSAMA melayani”